Bupati Terima Penghargaan dari Mendikbudristek

02 Mei 2024

Jakarta, takanews.com – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menerima penghargaan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI pada peringatan Hari Bahasa Ibu) di Jakarta pada Kamis (2/5). Penghargaan sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi kepada kepala daerah yang telah mendukung, bekerjasama dan berkontribusi terhadap pelaksanaan program Merdeka Belajar Episode ke 17 : Revitalisasi Bahasa Daerah yang telah dilaksanakan sejak 2022.

Bupati mengungkapkan, penghargaan tersebut merupakan hasil komitmen segenap unsur di daerah, untuk menjaga serta melestarikan kearifan lokal berupa bahasa Ibu di Bulungan. Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap guru dan tenaga pendidik karena dari 20 kepala daerah bupati dan walikota se-Indonesia yang menerima penghargaan dari Mendikbudristek, Kabupaten Bulungan satu-satunya dari wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

Bupati menegaskan, meski zaman terus maju, namun kearifan lokal berupa seni dan budaya daerah merupakan warisan para leluhur yang harus dilestarikan kepada generasi muda sebagai generasi penerus di Bulungan.

Diketahui, penghargaan dari Mendikbudristek RI diberikan dalam Peringatan Hari Ibu 2024 yang dirangkai dengan Festival Tunas Bahasa Ibu Indonesia dan Rapat Koordinasi Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.