Buka Pekan Budaya Daerah, Bupati Syarwani Ajak Masyarakat Lestarikan Olahraga Tradisional

01 Mei 2024

TANJUNG SELOR, takanews.com – Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kembali mengelar Pekan Budaya Daerah (PBD). Di mana tahun ini dilaksanakan di SMPN 2 Tanjung Selor.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd.,M.Si didampingi Sekda Risdianto, S.Pi.,M.Si pada, Selasa (30/04/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari satuan pendidikan SD dan SMP di 9 kecamatan yang ada di Bulungan, yang merupakan peserta terbaik hasil seleksi yang telah dilakukan di tingkat kecamatan dan membawa nama kecamatannya masing-masing.

Ada tiga 3 cabang perlombaan yang dikompetisikan dalam PKD tahun ini yaitu, enggrang, hadang dan menyumpit yang diikuti sebanyak 222 peserta ditambah pendamping sebanyak 36 orang.

“Ini untuk membentengi anak-anak dari pengaruh yang negatif dampak dari pesatnya arus globalisasi,” ungkap Suparmin, Kepala Dsidikbud Bulungan saat menyampaikan laporan.

Dalam sambutannya, Bupati Bulungan Syarwani mengungkapkan kegiatan tersebut tentu juga bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional yang ada di Bulungan, yang dikompetisikan melalui Pekan Budaya Daerah, yang digelar di setiap tahunnya.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, disamping kita ingin memperkuat dan mempererat silatuhrahmi, juga untuk mempertahankan olahraga tradisional melalui jenjang pendidikan baik itu di tingkat SD hingga SMP,” sebut bupati.

Namun tak hanya itu kata dia, kegiatan tersebut juga dapat menjadi wadah silatuhrahmi untuk anak-anak peserta didik agar dapat saling mengenal, mulai dari Peso hingga Bunyu. Sehingga dengan demikian, ikatan akan semakin kuat.

“Sehingga wadah ini juga menjadi sangat penting, begitu juga bagi guru-guru, sehingga nantinya ada saling tukar pengalaman yang dialami oleh guru, jadi bukan hanya untuk kepentingan melestarikan budaya, juga melainkan untuk saling bertukar perkiran untuk membangun dunia pendidikan yang lebih baik lagi di Bulungan,” tutupnya. (Adv)