Pelayanan Publik yang Efektif, Efisien dan Ekonomis Jadi Tujuan Otda

27 April 2024

Bulungan, takanews.com – Tujuan dilaksanakannya Otonomi Daerah (Otda) antara lain untuk memberikan pelayanan publik ke masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintahan yang menekankan pada kekhasan daerah yang bersangkutan serta pemanfaatan potensi sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan.

Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian menyampaikan hal itu dalam amanatnya pada Peringatan Hari Otda ke 28 Tahun 2024 yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jamal, SH, MAP pada upacara di halaman Kantor Bupati Bulungan pada Kamis (25/4).

Diterangkan, Hari Otda yang jatuh pada tanggal 25 April tahun ini mengusung tema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat. Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Mendagri juga mengimbau bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.