Gubernur Sampaikan 7 Point Penting Saat Pimpin Apel Pagi

12 Juni 2023

TANJUNG SELOR, takanews.com – Pemprov Kaltara menggelar apel pagi, Senin (12/6/2023). Apel dipimpin langsung oleh Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum diikuti pegawai Pemprov dan Non-ASN bertempat di Lapangan Agatis Tanjung Selor.

Mengawali sambutannya, Gubernur Kaltara Zainal Paliwang meminta agar segera membentuk koperasi ASN lingkup Pemprov Kaltara yang diketuai oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara.“Provinsi ini sudah berjalan 11 tahun, koperasi ASN harus segera dibentuk. Persiapkan semua apa yang diperlukan terkait pembentukan Koperasi ASN Pemprov Kaltara,” ungkapnya.

Selanjutnya dalam arahan Gubernur Kaltara pada apel pagi mengingatkan khususnya kepada Pejabat Eselon II agar melapor kepada Gubernur ketika melakukan DL alias Dinas Luar.“Terkait perjalan dinas ke luar provinsi, khususnya eselon II harus melapor ke gubernur, kecuali undangan yang sifatnya mendadak,” ucap Gubernur.Selain itu, Gubernur Zainal juga menegaskan terhadap anggaran operasional perjalanan dinas agar tidak melebihi anggaran belanja modal.“Untuk itu, saya meminta kepada Inspektorat, BKAD untuk dicek,” tegasnya.

Memasuki akhir semester I-2023, Gubernur Zainal juga menyampaikan penyerapan anggaran dapat teralisasikan dengan baik.“Bulan Juni sudah hampir selesai, tapi serapan anggaran masih sangat kecil. Jangan kita tunggu-tunggu, jangan sampai ada pekerjaan yang tertunda atau sebagainya,” ujar Gubernur Kaltara.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kaltara berpesan agar melaporkan jika ada oknum yang mengaku dekat dengan gubernur.“Jika ada oknum yang bertamu ke dinas-dinas sampai mengaku-ngaku dekat dengan saya (gubernur) segera laporkan,” katanya.

Selanjutnya, dalam persiapan Kaltara sebagai tuan rumah pelaksanaan rapat koordinasi (Rakor) Kepegawaian Tahun 2023. Gubernur Kaltara menyampaikan agar dalam penyelenggaraannya berjalan dengan baik.“Seperti Kejurnas Panahan di Tarakan, saya harap Rakor Kepegawaian lingkup Regional Kalimantan ini juga berjalan dan tentunya Kaltara sebagai tuan rumah diharapkan mampu memberikan kesan yang baik,” harapnya.

Sebelum menutup arahan pada apel senin pagi, Gubernur Kaltara juga mengajak seluruh ASN di lingkup Pemprov Kaltara untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris.Menurutnya, penguasaan bahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris, merupakan modal awal untuk menuju pemerintahan berkelas dunia.“Saya minta coba seminggu sekali dalam kegiatan kantor menggunakan bahasa inggris,” tutup Zainal Paliwang. (dkisp)